Senin, 04 Januari 2016

KENAKALAN REMAJA


Kenakalan Remaja

       Saya akan membahas apa itu kenakalan remaja pada tulisan ini. Pertama – tama, apa yang dimaksud kenakalan remaja? Kenakalan remaja adalah penyimpangan yang terjadi pada norma – norma atau peraturan di dalam sebuah masyarakat yang dilakukan oleh remaja. Mengapa remaja dapat melakukan penyimpangan yang tentu saja merugikan bagi masyarakat dan remaja itu sendiri? Remaja adalah tahapan yang akan dialami oleh seorang anak sebelum menjadi dewasa yang disebut dengan masa transisi. Hal ini lah yang menyebabkan kenakalan remaja terjadi, pada masa ini remaja ingin melakukan hal baru yang belum pernah mereka lakukan atau sering dibilang dengan “ingin coba – coba”.

Ada beberapa jenis dalam kenakalan remaja, yaitu :

  • Penggunaan Narkoba
  • Pergaulan bebas
  • Tawuran antar pelajar

 

 

  • Penggunaan narkoba :

Narkoba atau obat – obatan berbahaya ini akan berdampak pada kesehatan tubuh pengguna apabila disalahgunakan seperti digunakan terus menerus karena dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan


 

  • Pergaulan Bebas : 

Pergaulan bebas merupakan dampak dari perkembangan jaman dimana pengaruh barat atau pengaruh dari kebudayaan lain yang masuk disertai dengan perkembangan teknologi yang makin canggih dari masa ke masa. Sehingga muncul kebudayaan baru atau kebiasaan baru yang mucul di kalangan remaja sekarang dan bertolak belakang dengan norma masyarakat yang ada.


 

  • Tawuran antar pelajar : 

Tawuran antar pelajar adalah peristiwa atau kejadian yang sengaja dilakukan atau direncanakan oleh sekelompok pelajar yang terkena provokasi oleh pihak tertentu yang menyebabkan perkelahian besar – besaran antara sekelompok pelajar tertentu dengan sekelompok pelajar yang lainnya.


 

 

 

Itulah jenis – jenis kenakalan remaja serta penjelasannya. Ada beberapa cara atau solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja tersebut, yaitu :

 

  • Adanya dorongan atau motivasi dari orang terdekat mengenai tugas utama seorang pelajar
  •  Dari segi keluarga sebaiknya menciptakan kondisi yang harmonis serta komuniaif agar para remaja merasa nyaman dalam kondisi tersebut
  • Seorang remaja sebaiknya mampu memilih teman yang baik dengan arahan orang tua di dalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar